The Irony Approach in the Qur'an: Mustansir Mir's Perspective
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abed al-Jabiri, Muhammad, Formasi Nalar Arab Kritik Tradisi dan Wacana Agama, (Jogjakarta: IRCiSoD, 2014).
Al-Alusi, Mahmud, Rauh al-Ma’ani, Tafsir al-Qur’an al-Adzim wa Sab’i al-Mastani, Jilid XII, (Beirut: Ihya’u al-Turast al-Arabi).
AL-Aris, Fuad, Pelajaran Hidup Surah Yusuf, Yang Tersirat dan Yang Memikat dari Kisah Hidup Nabi Yusuf a.s, (Jakarta: Zaman, 2005).
Al-Farmawi, Abu Hay, Al-Bidayah fi al-Tafsir al-Maudu’i, (Kairo: al-Hadarah al-Arabiyah, 977).
Andopa, A., Hardivizon, H., & Yunita, N. (2018). The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 3(2), 139-162. doi:http://dx.doi.org/10.29240/ajis.v3i2.578
Baidan, Nashruddin, Metode Penafsiran Al-Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002).
Baqir, Haidar, Islam Tuhan Islam Manusia, Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau, (Bandung: Mizan, 2019).
Fathurrohman Dardiri, Ahmad, Bibel Sebagai SumberTafsir al-Qur’an (Studi Pemikiran Mustansir Mir dalam Understanding The Islamic. Scripture: A Study of Selected Passages from The Qur’an), (Yoyakarta: Tesis UIN Sunan Kalijaga, 2015).
Gusmian, Islah, Tafsir Al-Qur’an Kekuasaan Di Indonesia, Peneguhan, Konteks dan Pertarungan Wacana, (Yogyakarta: Salwa, 2019).
Hasan al-Thusi, Abu Ja’far Muhammad bin, Al-Tibyan fi Tafsir al-Qur’an, Jilid VI, (Beirut: Daru Ihyau al-Turast al-Arabi).
Helmi, Rahil, Majas Yang terkandung dalam Al-Qur’an Terjemahan Surat Al-Baqarah, (Seminar Nsional UNY, 2017).
Herman dkk, Analisis Gaya Ironi Dalam Novel Teuntra Atom Karya Thayeb Loh Angen, JIM PBSI, Vol, 3No, 3, 2018.
Hitami, Munzir, Pengantar Studi Al-Qur’an, Teori dan Pendekatan, (Yogyakarta: LkiS, 2012).
Husain Zahabi, Muhammad, al-Tafsir wa Mufassirun jilid II, (Kairo: Dar al-Kutub al-Hadisah, 1976).
J. Boullata, Issa, Al-Qur’an Yang Menakjubkan, Bacaan Terpilih dan Tafsir Klasik hingga Moderen dari Seorang Ilmuan Katolik, (Jakarta: Lentera Hati, 2008).
Kisworo, B., & Hardivizon, H. (2020). Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 4(1), 163-180. doi:http://dx.doi.org/10.29240/alquds.v4i1.1473
M. Hanafi, Muchlis, Moderasi Islam, Menangkal Radikalisasi Berbasis Agama, (Pisangan Ciputat: Ikatan Alumni Al-Azhar dan PSQ).
Mattson, Inggid, Ulumul Qur’an Zaman kita Pengantar untuk Memahami Konteks, Kisah, dan Sejarah al-Qur’an, (Jakarta: Zaman, 2016).
Mir, Mustansir, Irony in the Qur’an: A Study of the Story of Joseph, Issa J. Boullata, ed. Literary Structures of Religi Meaning in The Qur’an. Curzon Studies in The Qur’an Richmond, Surrey, UK: Curzon, 2000. 173-1187, Chapter 8).
_____________, Mir, Mustansir, Coherence in the Qur’an: A Study of Islahi’sConep of Nazm in Tadabur-i Qur’an, (Washington: American Trust Publications, 1986).
_____________, The Muslim World, The Qur’anic of Joseph: Plot, Themes Characters).
Muhammad Mahmud al-Maturidi, Abu Muhammad bin, Ta’wilatu Ahlissunah, Tafsir al-Maturidi, Jilid VI, (Beirut: Dar al-Kutul al-Ilmiyah).
Naf’atu Fina, Lien Iffah, Pre-Canonical Reading of The Qur’an (Studi atas Metode Angelika Neuwirth dalam Analais Teks al-Qur’an Berbasis Surat dan Intertektualitas), (Yoyakarta: Tesis UIN SunanKalijaga, 2011).
Nawawi al-Jawi, Muhammad, Marah Labid Li-Kaysfi Makn al-Qur’an al-Majid, (Surabaya: Dar al-Ulum).
Qurtubi, Al-Jami’ Li Ahkam al-Qur’an, (Beirut: Dar al-Fikr).
Rustom, Muhammad, The Qur’anic Story Joseph as a “Of The Human Soul”, Pre-Print Version; Forthoming in Mahreb Review.
Saed, Abdullah, Interpreting The Qur’an Towards a Contemporary Approach, (London And New York: Taylor & Francis Group).
Saeed, Abdullah, Al-Qur’an Abad 21, Tafsir Kontekstual, (Bandung: Mizan, 2016).
Setiawan, Asep, “Hermeneutika Al-Qur’an “Mazhab Yogya” (Telaah atas Teori Ma’na-Cum-Magha dalam Penafsiran Al-Qur’an)”, Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis, Vol . 17, No 1, 2016.
Shihab, M. Quraish, Kaidah Tafsir, Syarat, Ketentuan, danAturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-Ayat Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2013).
Suyuti, Jalaluddin, Durr al-Mantsur fi Tafsir bi Ma’tsur, Jilid VIII, (Qahirah: Markaz Lilbuhust Waddirasah al-Arabiyah wa al-Islamiyah).
Syamsuddin, Sahiron dkk, Pendekatan Ma’na-Kum-Magzha Atas Hadis Al-Qur’an Dan Hadis: Menjawab Problematika Sosial Keagamaan Di Era Kontemporer, (Yogyakarta: Asosiasi Alquran & Tafsir se Indonesia, 2020).
Syaukani, Fathul Qadir Al-Jamik baina fanniyirriwayat wa al-Dirayah fi ‘Ilm al-Tafsir, Jilid III, (di tahkik dan hadisnya di takhrij oleh Dr. Abd al-Raman Umairah).
Ul Haq, Fajar Riza, Membela Islam Membela Kemanusiaan, (Bandung: Mizan, 2017).
Wathani, Syamsul, Paradigma Sintesi Tafsir Teks Al-Qur’an “Menimbang Hermeneutika Pemaknaan Teks Jorge. J.E Gracia Sebagai Teori Penafsiran Tekstual al-Qur’an”, Journal of Qur’an and Hadith Studies, Vol. 5, No. 1, 2016.
Woogen, Eve, The Best Of Stories: Yusuf as Hebrew Translation of The Qur’an, (Tn.p, 2012).
Zarkasy, Al-Burhan fi Ulum al-Qur’an, (Al-Qahirah: Dar al-Turast).
Zarzur, Adnan Muhammad, Ulum al-Qur’an, Madhalila al-Tafsir al-Qur’an wa Bayani Ikjazihi, (Beirut: Maktabah Islami).
Zuhdi, M. Nur, Pasaraya Tafsir Indonesia dari Kontestasi Metodologi hingga Kontekstualisasi, (Yogyakarta: Kaukaba Dipantara).
DOI: http://dx.doi.org/10.29240/ajis.v5i1.1318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Azam Azam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
AJIS'S Visitors
Ajis Journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. AJIS Visitor